Skip to main content

Disambut Positif dan Negatif

minggu lalu sempat posting salah satu artikel yang saya ambil dalam salah satu site
"UI jaring dosen asal Indonesia di luar negeri" aku posting dalam beberapa milist ku

isinya dimana Rektor UI Gumilar Rusliwa Sumantri akan menjaring dosen terkemuka asal Indonesia yang mengajar di perguruan tinggi di luar negeri untuk berkarya di Tanah Air sehingga dapat dibentuk Centre of Excellent selengkapnya

ternyata respon kawan-kawan sangat beragam ada yang mendukung ada yang tidak
sebagian mengatakan cepat atau lambat para dosen dan ilmuwan berasal Indonesia akan kembali ke Indonesia
tapi ada juga yang menyatakan bahwa kemungkinan besar mereka tidak akan kembali, apalagi setelah mereka mendengar atau melihat kenyataan yang terjadi sekarang di negaranya (masih gak ya..mereka Ingat negaranya

)



pada intinya memang perlu adanya pembenahan diri terutama dalam sektor pendidikan dan sektor-sektor lainnya yang pasti seperti pendapat kawan saya yang perlu diperhatikan saat ini adalah:

1. Pendidikan yg murah dan terjangkau. Karena setiap rakyat berhak untuk mendapatkan pendidikan.
Bukan masalah dosennya lulusan luar / dalam ataupun bergelar Doktor, PhD, Msc, ataupun apapun sebutannya.
Saat ini kebanyakan pendidikan di komersialkan. Yang berduit bisa masuk kemana aja, tergantung kemapuan untuk meberikan sumbangan sebagai tanda masuk. Yang ditakutkan kelak, orang miskin, tapi punya kemampuan bakal ga bisa sekolah. Secara pribadi aq lebih setuju dengan orang sederhana, tp yg mau berbagi ilmunya tanpa mengharapkan imbalan. Daripada seorang Doktor, tp untuk membagi ilmunya kita harus mengelurkan duit puluhan juta. Karena ilmu baru bisa dikatakan bermanfaat, apabila ilmu itu bisa kita bagi dengan yg lainnya. Orang pintar yg pintar u/ dirinya sendiri skr dah banyak, tp orang berilmu yg mau mebagikan ilmunya dengan iklas itu yg langka.


2. Biaya pengobatan yg murah dan terjangkau. Ada 2 hal yg mebuat biaya pengobatan mahal :


1. Biaya sekolah kedokteran yg selangit. Saat ini mahasiswa2 FK kebanyakan berasal dari anak2 orang mampu. Bahkan yg aq tau, seorang dokter mewajibkan salah satu anaknya tuk kuliah di FK.


2. Obat dijadikan lahan bisnis. Dokter pun menjadi sales bagi sebuah merk obat.


3. Pemakaiana provider kesehatan yg unlimited dari perusahaan tempat kita bekerja.


Sekarang tiap kali kita berobat selalu ditanya " Pribadi atau Perusahaan?" . Bayangin aja, sekali kita berobat hanya untuk sakit flue biayanya bisa mencapai Rp.250.000.

Tapi perlu di ingat, masih ada koq dosen, guru, dokter yg memang bekerja dan menjalankan profesinya untuk sebuah nilai kemanusiaan. Tapi ketika semuanya menjadi mahal, satu persatu akan ikut mahal juga.
Ketika biaya menjadi seorang dokter mahal, maka akan berimbas dgn makin mahalnya ketika kita berobat.
Ketika biaya sekolah S3 mahal, maka akan berimbas dengan makin mahalnya biaya masuk kuliah.


Dalam ketidak mampuanku tuk merubah, aq hanya bisa berharap
Mengaharapkan suatu perubahan

Dimana perubahan itu meski pelan tapi nyata bentuknya
Karena saat ini yg dibutuhkan adalah bukti bukan sekedar janji

Yang miskin tetap bisa berdampingan sekolah degang yg kaya
Si miskin pun tak ingin punya keturunan yg sama
"Ayah boleh cuma lulusan SD, tp tidak dengan anak ku kelak"
Kira2 seperti itu harapan setiap orang tua......... ......... ......... ..


Wong Ndeso Dalam Perantauan,
Ichal

Comments

Popular posts from this blog

Jatuh cinta sama produk ini...

Hampir di pertengahan tahun lalu, saya Pergi ke tempat khusus menjual peralatan rumah tangga dari living room sampai kitchen room, lebih tepatnya saya penasaran dengan tempat ini, apalagi setelah berapa teman saya sudah ketempat itu dan cerita, membuat saya interesting to go there..Dan ini Tempatnya


IKEA Adalah satu Toko menjual produk rumah tangga dengan meletakan produk yang di buat layaknya rumah, nuansanya lebih homey dengan display yang di layout sedemikian rupa seperti dining room, bedroom, etc. Setelah saya Amati ternyata produk" IKEA cocok banget buat saya, yang suka dengan design dan produk - produk  minimalist dan unik, kalau bahasa Anak milenial "produknya kekinian" 😆 Dan cara beli produknya juga beda dgn Toko lainnya yg menjual product  category yang sama IKEA menerapkan cara beli dengan "selfservice 

Nekad Nonton Timnas di GBK

Beberapa minggu belakangan Semua orang memebicarakan Persepak bolaan Indonesia...khususnya berbicara Timnas kita yang di Sanjung dan Puji..seperti Irfan Bachdin, Gonzales (yg memilih utk menjadi WNI ), Firman Utina, Okto, Nasuha dan BP, karena permainannya yang bagus *dilihat dari sejarah timnas kita, permainan mereka sudah semakin baik.
Penasaran dengan aksi timnas kita, berkeinginan untuk melihat langsung permainan semi final mereka dengan Filiphina di stadion Glora Bung Karno yang dikenal dengan sebutan "GBK"
Bermodal nekad dengan desy (cuman dia yang bisa gw bawa nekad dan seneng juga nonton bola) pukul 15.00 kita sudah ada di kawasan senayan dan sangat luar biasa lautan manusia dengan warna merah dan putih berada di stadion GBK. berbagai ornamen - ornamen di perjualkan dan banyak para supporter yang membeli untuk mendukung timnas kita Me & Desy Dan pastinya kami bingung kemana harus membeli tiket...karena tiket katanya sudah sold out...alternatif lain adalah "mencar…

FASHION : The Best RunAway Sepanjang Masa

Berbicara mengenai fashion, pasti banyak banget pembahasannya dari atas kepala sampai  bawah kaki, mengenai fashion ga jauh dari negara yang terkenal baget dengan fashionnya yang up to  date yaitu France, tapi saya ga bahas mengenai si prancis dunia fashion ini loh..

kalau kita lihat salah satu channel TV yaitu Fashiontv, sering banget kita liat  para model ber pose dengan mengenakan busana para designer ternama dari manca negara dengan berbagai design sesuai dengan musimnya, kalau di eropa dan barat mereka memilki 4 musim dan setiap musim para designer ini akan selalu launching bebera hasil karyanya di setiap tahunnya.
hal yang paling saya suka dari fashsion show tersebut adalah pada saat para model tersebut run away di catwalk dengan mengenakan busana yang sudah memilki brand ternama, dari beberapa runaway yang saya lihat, paling keren adalah Runaway Victoria Secret, menurut saya itu beda dari runaway on catwalk pada umumnya.